Thursday, August 10, 2017

SELAYANG PANDANG DESA ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP




Sumber : KKN 46 UTM, 2017

 Istilah kata “Rombasan” menurut Legenda berasal dari kata Harum dan Masam. Kata Harum disini menurut cerita dulu pernah ada seorang bidadari yang selalu muncul pada malam jum’at manis disebuah sumur tua yang diberi mana Sumur Kolor. Sumur tersebut  tidak pernah diketahui siapa penggalinya dan mata airnyapun dikenal tidak pernah habis waktu dalam kemarau panjang. Menurut cerita Bidadari yang selalu muncul tersebut aroma harumnya tercium ke beberapa rumah penduuduk yang ada didekat sumur Kolor. Kedatangan bidadari tersebut kata orang-orang terdahulu hanyalah untuk mandi disumur tersebut. Hingga saat ini Penduduk Desa Rombasan Kecamatan Pragaann Kabupaten Sumenep masih tetap mengkeramatkan sumur tua tersebut dan manfaatnya sangat besar sekali untuk kebutuhan rumah tangga dan pengairan.


Sumur Kolor Desa Rombasan (Sumber : KKN 46 UTm, 2017)


Kata masam sendiri konon katanya diambil dari sejarah gadis-gadis desa Rombasan yang terkenal cantik-cantik mempunyai hobi rujak buah-buahan rasa masam untuk tetap menjaga kemolekannya. Menurut cerita buah-buahan rasa masam terbukti menjaga kelangsingan tubuh sehingga pada saat itu  banyak perjaka desa tetangga yang berdatangan untuk mendapatkan cinta gadis-gadis Desa Rombasan. Oleh karena itu sejarah makan rujak tersebut membudaya terhadap gadis-gadis desa hingga saat ini.
Wilayah Desa Rombasan secara Topografi wilayah desa Rombasan berada pada ketinggian 0 – 84 m dari permukaan air laut, dimana kondisi daratan dengan kemiringan <3% sebanyak 2223 Ha dan berombak dengan kemiringan 3.1 – 15% sebanyak 25 Ha.
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa Rombasan beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara lebih kurang  65% dan suhu udara rata-rata 24-32 °C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan juni sampai dengan oktober. Iklim desa Rombasan sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan Nopember – April dan musim kemarau antara April – Nopember,
Secara administrasi Desa Rombasan terletak sekitar 7 Km dari ibu kota Kecamatan Pragaan, kurang lebih 36 Km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Disebelah Utara berbatasan dengan Desa Kertagena Laok Kec. Kkadur Kab. Pamekasan, disebelah Timur berbatasan dengan Desa Larangan Perreng dan Desa Sentol Laok, disebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sendang, Sedangkan disebelah Barat berbatasan dengan Desa Kaduara Timur.




No comments:

Post a Comment

Menata Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Desa Rombasan merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Sumeneo menjadi desa rintisan wisata. Hal ini dilihat dari ...