Friday, August 11, 2017

Pelatihan Pembuatan Produk Turunan Buah Pisang, Siwalan, dan Buah Naga

KKN 46 UTM melakukan kegiatan pelatihan pembuatan produk turunan dari buah pisang dan buah naga kepada ibu-ibu warga Desa Rombasan Kecamatan Pragaan. Pelatihan produk tersebut kurang lebih dihadiri 40 ibu-ibu yang ada di desa tersebut. Acara tersebut mengundang Bapak Askur Rahman, S. TP., MP selaku pemateri pada pelatihan pembuatan produk turunan dari buah pisang dan buah naga, Sabtu (29/7).
Pelatihan pembuatan produk ini dimulai pukul 10.00 WIB yang dilaksanakan di Balai Desa Rombasan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Pelatihan dimulai dari pembuatan produk Fruit Leather Buah Naga dan Pisang, Ice Cream Pisang , dan Selai Pisang. Pemilihan bahan baku berupa buah naga dan pisang dipilih dikarenakan Desa Rombasan merupakan sentra penghasil buah naga dan juga pisang. Pemanfaatan potensi lokal dipilih guna peningkatan ekonomi masyarakat desa tersebut yang mana umumnya di Desa Rombasan hanya menjual buah tersebut langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Sehingga dengan pelatihan pembuatan produk ini akan ada nilai tambah dari buah pisang dan buah naga yang nantinya akan meningkatkan harga jual dari kedua buah ini. Selain dapat meningkatkan nilai tambah dari kedua buah tersebut, pelatihan ini juga ditujukan untuk memanfaatkan melimpahnya buah naga dan pisang khususnya pada musim panen sehingga harganya tidak anjlok pada saat panen.


Pelatihan Pembuatan Produk Bersama Ibu ibu Warga Rombasan (Sumber : KKN 46 UTM, 2017)

No comments:

Post a Comment

Menata Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Desa Rombasan merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Sumeneo menjadi desa rintisan wisata. Hal ini dilihat dari ...