Wednesday, August 3, 2016

Inovasi Buah Naga



KKN-27 UTM 2016, Temukan Produk Olahan Buah Naga
Sumenep- KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura kembali melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat tentang pengolahan produk hasil pertanian, kali ini di laksanakan oleh kelompok 27 yang di tempatkan di Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, kabupaten Sumenep. Dengan banyaknya bahan baku yang melimpah di Desa Rombasan seperti buah naga, siwalan, anggur, pisang dan kacang. nantinya masyarakat akan di paparkan bagaimana cara  pengolahan, inovasi dan  pemasarannya. Pemaparan pelatihan pengolahan ini di titik beratkan terhadap buah yang melimpah seperti buah naga, pisang, siwalan dan kacang tanah. karena  potensi di Desa Rombasan ini memang buah tersebut dan juga masyarakat lebih banyak bertani di komuditas itu.
Dalam program kerja utama KKN-27 mengfokuskan pengolahan hasil buah naga, karena memang buah naga ketika musim di Rombasan sangat melimpah dan harga jualnya pun sangat murah.  Ketika di jadikan produk maka hasilnya pun melebihi harga pembelian buah tersebut dan akan menambah kesejahteraan masyarakat, ujar vinda marsha yang juga penanggung jawab program olahan stik buah naga.
Karena buahnya sangat melimpah ketika musim, tim dari pertanian melakukan inovasi olahan buah naga seperti dodol dan stik buah naga, karena ketika buah naga di olah menjadi suatu produk maka hasilnya akan menambah daya jual buah naga itu sendiri dn bisa menigkatkan kesejahteraan warga. Pendapat tersebutpun di benarkan oleh muhlis hidayat kepala Desa Rombasan, ‘’Program kerja dodol buah naga dan stik buah naga ini sangat luar biasa karena bisa menarik konsumen dari yang idak suka buah naga menjadi suka, karena memag olahan ini sangat enak’’ ujar bapak tersebut.

Respon masyarakatpun dalam Pembuatan produk olahan buah naga pun sangat baik, bahkan warga pun sangat antusias dan ingin belajar cara pengolahan dodol dan stik buah naga.

No comments:

Post a Comment

Menata Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Desa Rombasan merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Sumeneo menjadi desa rintisan wisata. Hal ini dilihat dari ...