Tuesday, July 19, 2016

Produk jenang buah naga dan selai kacang di Desa Rombasan


















Pelatihan Olahan Dodol  Buah Naga
KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tentang pentingnya inovasi dan pengolahan hasil pertanian, kali ini di laksanakan oleh kelompok 27 yang di tempatkan di Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan (22/07/2016). Dalam acara tersebut juga di hadiri oleh kelompok PKK, kelompok tani perempuan, dan masyarakat sekitar. Pelatihan ini akan di titik beratkan ke dalam ranah pengolahan hhasil pertanian sampai bagaimana caranya produk  tersebut di kemas sampai di pasarkan, karena pada saat buah tersebut musim harga komuditas anjlok.
Dengan banyaknya bahan baku yang melimpah di Desa Rombasan seperti buah naga, siwalan, anggur, pisang dan kacang. nantinya masyarakat akan di paparkan bagaimana cara  pengolahan, inovasi dan  pemasarannya. Pemaparan pelatihan pengolahan ini di titik beratkan terhadap buah yang melimpah seperti buah naga, pisang, siwalan dan kacang tanah. karena  potensi di Desa Rombasan ini memang buah tersebut dan juga masyarakat lebih banyak bertani di komuditas itu.
Dalam acara tersebut warga langsung di libatkan untuk mengolah sampai menjadi suatu produk. pelatihan tersebut di bagi dua kelas yaitu pelatihan jenang buah naga dan buah siwalan, untuk kelas yang kedua di isi dengan pelatihan pembuatan selai pisang dan selai kacang, yang di instrukturi  langsung oleh dua mahasiswi dari program studi Teknologi Industri Pertanian UTM. Peserta pun sangat antusias dan gembira dalam acara tersebut menurut salah satu peserta ibu Rusdiyatun “program ini sangat bagus, nantinya akan membuat warga sini lebih inovatif dan mengerti pengolahan lebih baik”, ujarnya dalam sela-sela acara. Respon baik ini semoga bisa membuat home industri di bidang pertanian, sehingga cita-cita kesejahteraan masyarakat pun tercapai dengan baik. Pelatihan seperti ini pun sesuai Dengan tema besar KKN tematik UTM 2016 yang mengharuskan peserta memberikan pelatihan sehingga bisa memberikan kesejahteraan langsung bagi masyarakat dan juga bisa mandiri dengan membuat industri rumahan yang bisa langsung di pratekkan.

No comments:

Post a Comment

Menata Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Desa Rombasan merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Sumeneo menjadi desa rintisan wisata. Hal ini dilihat dari ...