Tuesday, July 19, 2016

Kegiatan dibidang pertanian di Desa Rombasan



Sharing-Haring Bersama Kelompok Tani
Potensi  alam Desa rombasan, kecamatan Pragaan, kabupaten Sumenep memang tidak ada habisnya. Selain banyaknya perkebunan buah naga, komuditas lain yang banyak terlihat di sepanjang desa Rombasan adalah pohon kelapa, cabe jamu dan pohon siwalan. Hal ini memungkinkan pertanian dan perkebunan sangat cocok bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam karena memang di desa rombasan tanhnya subu dan jenisnya alluvial yaitu lumpur bepasir.
Selain itu Potensi ini di dukung oleh beberapa kelompok tani yang ada di desa Rombasan sehingga pertanian disini sangtlah maju dan modern, tiap dusun di desa Rombasan mempunyai kelompok tani masing-masing kelompok tani di beri bantuan dari pemerintah mulai dari pupuk bantuan semprot dan bntuan traktor. Setiap kelompok tani di beri pengarahana langsung oleh dinas peanian dan perkebunan kabupaten Sumenep. Hal ini membuat masyarakat pun bisa di atur sehingga perekonomian di sini bagus dan merata dalam bidang pertanian.
Kelompok KKN UTM Tematik bersama kelompok tani bersinergi bekerjasama dalam bidang pembuatan struktur administraif yang ada di dalam kelompok tani di dua dusun desa Rombasan. Kami sharing tentang masalah yang di hadapi dalam pertanian baik dari segi proses berkebun sampai proses bagaimana menjual hasil pertanian. Dalam hal ini temen-temen dari prodi pertanian yang ada di kelompok kami mencoba berbagi ilmu yang di dapat selama kuliah.
Selain buah naga, cabe jamu adalah komuditas paling bagus di kembangkan di desa ini, menurut pak rizal ketua kelompok tani yang berada di dusun kembang beranggapan cabe jamu adalah komuditas yang sangat bagus untuk di kembangkan,ujarnya dalam beberpa waktu yng lalu. selain gampang di pelihara cabe jamu sangat mahal ketika di jual. Mereka menjual ke pengepul searga Rp. 30.000. Cabe jamu berhasiat untuk bahan utama jamu, dalam pengembangan komuditas ini sangatlah bagus dan cocok di tanaman madura karena memang jenis tanaman dan tanah cocok di tanam di Madura khususnya kabupaten Sumenep.

No comments:

Post a Comment

Menata Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Desa Rombasan merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Sumeneo menjadi desa rintisan wisata. Hal ini dilihat dari ...